Review: Gmail New Design

Juni 2018, saya mendapatkan notifikasi untuk pembaruan tampilan Gmail yang sudah saya tunggu-tunggu sejak digemborkan April 2018 lalu. Setelah saya klik, begitu bersihnya tampilan baru Gmail dibanding versi lamanya. Ini adalah revamp Google di Gmail sejak design majornya sekitar 7 tahun silam.

First impression new Gmail design.

Overview Tampilan

Secara keseluruhan, saya menyukainya. Google berhasil mempertahankan design yang clean, elegant, dan minimalist. Saya menyukai ornamen khas warna warni Google pada icon compose new email button.

Hanya saja, saya kurang menyukai tampilan font yang letter-spacing nya terlalu jarang menurut saya.

Kiri, tampilan tanpa letter-spacing. Kanan, tampilan dengan letter-spacing 0.2 pixel.

Kelihatan?

Pada gambar kiri, tulisan email terlihat lebih jarang. Sedangkan pada gambar kanan, tulisan email terlihat lebih rapat.

New Features

Tentu dalam setiap perombakan besar, pasti tidak hanya melakukan perubahan dari segi design, beberapa fitur baru pun juga ditambahkan.

Confidential Mode

Gmail sekarang sudah bisa kirim email rahasia. Saya memang belum mencoba, namun kelihatannya kita bisa mengirim email dengan waktu expired tertentu.

Confidential Gmail

Seperti halnya pada demo di atas, confidential mode memungkinkan para penggunanya membuat email yang sifatnya rahasia. Antar pengguna email dapat berbagi pesan rahasia dengan rentang waktu tertentu untuk mengakses konten email.

Email Snoozing

Gmail Snoozing

Selain itu, terdapat snooze email. Ini berguna untuk email-email yang terdapat jadwal akan datang yang akan dihadiri misalnya. Dengan mengaktifkan fitur snooze email ini, kita bisa dapatkan email pada satu hari sebelum hari H.

Add on Sidebar

Gmail Addon

Di sidebar kanan, kita disuguhkan add-on yang mendukung aktivitas email kita. 3 default add-ons yang tersedia yaitu Calendar, Keep, dan Tasks. Bagi Anda pengguna setia produk Google, hal ini sangat berguna apabila Anda mengaktifkan synchronize antar device. Sehingga catatan yang ada di Calendar, Keep, dan Tasks smartphone Anda, dapat Anda akses juga via Gmail desktop.

Back to Classic

Itulah beberapa ulasan singkat dari new design Gmail. Bagaimana, apakah Anda menyukainya? Jika tidak, Anda dapat mengembalikan ke design lama yang terdapat di menu settings.

Back to Classic Google

Jangan lupa berikan ulasan Anda tentang Gmail new design ini ya!