Review: Mifi Huawei E5577 XL GO 4G

Awalnya saya bingung dan agak sedikit kecewa dengan internet sebelumnya yang cenderung melambat pada akhir-akhir ini. Saya membutuhkan link internasional yang besar. Sementara provider lama hanya menjanjikan link internasional di bawah 1 Mbps.

Terbesit keinginan menggunakan layanan provider selular tanah air yang saat ini hampir semua menawarkan kecepatan 4G LTE.

Di satu sisi, saya juga membutuhkan akses all in one di mana pun saya berada dan di sisi lain, nomor saya yang sudah +5 tahun itu adalah Telkomsel.

Bagi saya yang IKB (Internet ber-Kebutuhan Besar), Telkomsel sangatlah tidak cocok. Stabil saja tidak cukup, namun kuota harus besar, yang tentu itu akan berdampak pada biaya pula yang membesar.

Browsing sana-sini nyari provider 4G LTE murah dan hemat. Terpikirlah mencoba Indosat Ooredoo. Namun, saya tidak lantas percaya karena layanan Indosat Ooredoo yang cenderung menggebu-gebu di awal namun turun di tengah-tengah.

Ternyata di salah satu artikel yang saya temukan nampaknya dari sisi Indosat Ooredoo kapok untuk menyediakan harga murah, sehingga lebih memilih bermain dengan kuota besar sekalian dengan harga kompetitif. Nampaknya hal itu benar, lantaran saya cek di situs resminya hal itu sejalan. Ooredoo tampil dengan nuansa beda.

Terpikir pulalah Bolt. Teman saya bilang intinya bagus. Saya pelajari pula Bolt dengan segala rinciannya.

Di tengah research ini, saya ketemu 1 layanan yang memungkinkan bundling dengan modemnya. “Mifi Huawei E5577 bundling XL 4G”.

Saya seperti kembali ke masa lalu karena sewaktu di Bandung, saya juga sempat lama menggunakan XL untuk internet yang hasilnya memuaskan walau harus bertarung dengan waktu (waktu itu saya ambil kuota besar di jam malam).

Namun pada paket bundling modem ini, XL menawarkan gratis 3 bulan kuota total 90 GB, yang berarti 30 GB setiap bulannya, dengan rincian 24 GB (4G) & 6 GB (3G,4G), 24 jam!

Setelah 3 bulan, kamu hanya perlu membayar Rp125.000 untuk dapat menikmati 30 GB lagi. Dengan catatan, harus digunakan pada modem Huawei E5577.

Pertimbangan

    • Untuk kebutuhan internet skala besar, biasanya provider seluler itu sering kali tidak memenuhi ekspektasi. Karena, terkait wilayah, biasanya banyak sekali faktor yang mempengaruhi sehingga provider itu layak jadi andalan.
Indosat Ooredoo Bolt XL
Paket 37 GB 17 GB 30 GB
Coverage Tidak masalah Terbatas Tidak Masalah
Harga Rp199.000 Rp199.000 Rp125.000
  • Dari skema sederhana di atas, paket internet Indosat Ooredoo tertinggi 37 GB vs 30 GB XL yang hanya Rp125.000 sedikit lebih unggul. Apalagi dalam pembelian perdana kita sudah bisa menikmati gratis 30 GB setiap bulannya selama 3 bulan.

Keputusan

Akhirnya, setelah bertapa selama berhari-hari, dijatuhkanlah pilihan ke:

Mifi Huawei E5577 bundling XL 4G

Mifi Huawei e5577
Mifi Huawei e5577
Spesifikasi
  • Dapat terhubung dengan Tablet, PC, Notebook dan perangkat Wi-Fi lainnya
  • Mendukung LTE cat4 dan kecepatan download hingga 150Mbit/s
  • Mendukung Wi-Fi 2.4 GHz
  • LCD Screen Fashion ID 1.45” TFT
  • Mendukung UI interaktif
  • Memungkinkan hingga 10 perangkat Wi-Fi terhubung di waktu yang bersamaan
  • Mendukung HUAWEI HiLink APP dan Scan 2D barcode agar terhubung ke Wi-Fi dengan cepat (Mendukung Android)
  • Mendukung double external antenna interface
  • Baterai : 1500 mAh (Maksimum 6 jam LTE working time dan 300 jam stand-by time)
Hasil test XL 4G dengan menggunakan MiFi Huawei e5577 bundling XL via Macbook Pro Retina 13 MF839.
Hasil test XL 4G dengan menggunakan MiFi Huawei e5577 bundling XL via Macbook Pro Retina 13 MF839.
Hasil test MiFi Huawei e5577 bundling XL via Asus Zenpad 8.0 Z380KL
Hasil test MiFi Huawei e5577 bundling XL via Asus Zenpad 8.0 Z380KL
Hasil test XL 4G LTE 90 GB dalam kondisi puncak.
Hasil test XL 4G LTE 90 GB dalam kondisi puncak.

Di beberapa gedung di Jakarta, jika tidak ada coverage building area atau tidak ada penguat sinyal, bar signal pada modem mungkin saja hanya dapat 1 batang. Untungnya di tempat tinggal saya full bar.

Baik download maupun upload hingga saat ini tidak mengecewakan. Link internasional pun masih dapat dimaklumi dalam batas wajar.

Dalam kecepatan maksimum, Huawei e5577 ini dapat mencapai 4 Mbps.

Gambar di atas adalah contoh download file 10 GB dengan tethering via Huawei e5577 yang dapat mencapai puncaknya sekitar 4 Mbps. Namun perlu diingat, file yang diakses adalah file unggahan di Google Drive, jadi untuk masalah bandwidth saya kira gak ada masalah. Yang otomatis, jika mengakses Google lancar, YouTube tidak ada lagi istilah buffering.

Namun jangan khawatir, selama saya browsing tidak ada kendala berarti untuk mengakses server luar negeri (selain lokasi Singapore). Website-website yang tidak menggunakan CDN pun tidak masalah. Loading tidak sampai hitungan menit.

Kesimpulan

Dengan dijatuhkannya pilihan saya ke Mifi Huawei e5577 bundling XL 4G ini, akhirnya saya bisa merasakan internet berkualitas tanpa harus mahal. Kedepannya, jika tidak ada masalah dengan ini, termasuk perubahan/penyesuaian paket dari pihak XL, saya akan terus menggunakan ini. Akhirnya, all in one access saya dapatkan di mana pun saya berada.

Punya pengalaman berbeda/ingin tanya-tanya? Sampaikan di komentar ya.

  • KHOLIK. N

    itu bisa ga min kalow modemm nya pake usb

  • Johnny Kee

    modem ini sama persis dengan modem bundlingnya Bolt kan?

    • Kurang tahu kalau misalnya sama. Mungkin spesifikasi modem yang Bolt juga beragam.

  • ricky febrian

    modemnya bisa pakai kartu lain?

  • fill.ir

    Apa ada slot untuk antenna external? di tempat sy signal 4G XL agak ‘weak’ kalau di dalam rumah, jadi harus keluar rumah utk dpt 4G; setelah baca review anda sy akan ambil Huawei dengan syarat ada slot antenna external, kalau tidak ada ya percuma gak dpt signal 4G. Pls advise.